Mon. Nov 11th, 2019

liputanows.com

Berita Baik Untuk Pembaca yang Baik

SD Card Tidak Terbaca di Smartphone ? Berikut Solusinya

2 min read

Liputan Nows – Kartu SD atau lebih akrab kita mengenalnya dengan istilah SD Card atau micro SD merupakan sebuah format kartu memori flash. Kartu SD sering kita gunakan pada perangkat telepon seluler, smartphone, dan kamera digital. Meskipun smartphone baru vivo biasanya sudah membawa penyimpanan internal berkapasitas besar, tetapi masih banyak pengguna yang mengandalkan SD Card sebagai media penyimpanan tambahan.

Hal tersebut tentu saja ada alasannya. Salah satunya, seiring dengan pertumbuhan kapasitas penyimpanan internal yang digunakan oleh vivo, ukuran aplikasi sekaligus datanya – terutama aplikasi game – juga selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Hadirnya slot SD Card pun menjadi nilai tambah yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna. Dengan ini, mereka bisa menyimpan lebih banyak data, seperti video atau foto khususnya, ke dalam perangkat smartphone tersebut.

Namun sebagai akibatnya, ketika SD Card tidak terbaca di smartphone vivo, termasuk vivo Y15 contohnya, maka banyak pengguna yang kelimpungan. Dan jika sudah demikian, maka banyak yang mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

sebenarnya terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan SD Card tidak bisa terbaca di smartphone, termasuk di smartphone buatan vivo. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut ini untuk memastikan apa penyebabnya.

1.Pertama, SD Card yang tidak bisa terbaca di smartphone bisa saja terjadi karena konektornya kotor. Coba lepas SD Card dari smartphone, kemudian bersihkan konektor (lapisan tembaga) dengan menggunakan karet penghapus.

Gosok-gosokan penghapus berulang kali pada konektor tersebut, hingga dirasa benar-benar bersih. Dan jika sudah selesai, pasang kembali SD Card ke smartphone untuk memastikan apakah sudah bisa terbaca lagi atau tidak.

2. Jika cara tersebut belum berhasil, kamu bisa mencabutnya lagi lalu memasangnya di perangkat lain seperti laptop, komputer atau smartphone lain. Apabila SD Card bisa terbaca dengan baik, coba salin datanya ke perangkat tersebut, lalu format (akan menghapus semua datanya) menggunakan metode yang pernah saya ulas sebelumnya.

Setelah selesai, lepaskan SD Card dengan benar (jangan lupa menggunakan fitur Eject). Pasang kembali ke smartphone vivo untuk mengeceknya kembali. Jika saat memasangnya di smartphone vivo juga diminta untuk memformatnya kembali, maka lakukan sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

Namun jika SD Card masih tetap tidak terbaca di smartphone vivo, kamu bisa meminjam SD Card lain, untuk memastikan slot SD Card di smartphone-mu baik-baik saja. Jika tetap tidak bisa, kamu bisa membawa smartphone-mu ke Service Center untuk memastikannya.

Pada kasus yang lain, apabila saat SD Card dicoba di perangkat lain tetap tidak bisa terbaca, maka saya menyarankan supaya kamu menyiapkan dana untuk membeli SD Card yang baru.

Namun perlu diingat, jangan membeli SD Card yang abal-abal atau palsu. Jangan membelinya karena iming-iming harga yang murah. Usahakan membeli SD Card yang berkualitas, supaya lebih awet dan aman untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *