Mon. Nov 11th, 2019

liputanows.com

Berita Baik Untuk Pembaca yang Baik

Rekomendasi 5 Chipset Terbaik Smartphone

3 min read

Techanget – Fungsi Chipset didalam smartphone saat ini layaknya prosesor pada laptop atau PC. Keberadaannya sangat vital, sebab menentukan performa gawai yang bersangkutan. Bukan hal aneh bila kemudian chipset jadi salah satu komponen yang dipertimbangkan calon pembeli dan membantu pengamat memprediksi kualitas ponsel tersebut

Jika diibaratkan, chipset bak otak dalam smartphone. Bayangkan sebesar apa pengaruhnya kalau komponen tersebut kurang sesuai dengan spesifikasi perangkat. Anda tidak mau, kan, kesal selama mengoperasikan ponsel hanya karena chipset kurang maksimal?

Jika diibaratkan, chipset bak otak dalam smartphone. Bayangkan sebesar apa pengaruhnya kalau komponen tersebut kurang sesuai dengan spesifikasi perangkat. Anda tidak mau, kan, kesal selama mengoperasikan ponsel hanya karena chipset kurang maksimal?

1.Apple A12 Bionic

Chippset Apple A12 Bionic ini merupakan salah satu chipset yang diproduksi khusus oleh Apple ini dirancang menggunakan fabrikasi FinFET 7nm. Ukuran fabrikasi yang kecil membuat Apple A12 Bionic memiliki komponen 1,6 lebih padat. Performanya pun 20 kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya dengan efisiensi baterai mencapai 40%.

Beberapa smartphone yang beruntung mendapatkan Apple A12 Bionic mencakup iPhone XR, iPhone XS, serta iPhone XS Max. Chipset jenis ini juga memiliki chipset yang sejenis dengan varian bernama Apple A12X Bionic yang sudah dibenamkan pada iPad Pro 2018.

2. Snapdragon 855

Snapdragon 855 merupakan salah satu jenis chipset yang diproduksi Qualcomm. Snapdragon 855 dibekali GPU Adreno 640 dan prosesor Kryo 485 yang terbilang kencang. Tak hanya itu, chipset Snapdragon 855 juga memiliki fitur lain seperti DSP Hexagon 690 serta ISP Spectra 380 yang tentunya akan menunjang sensor kamera sampai 48 MP.

Kelebihan Snapdragon 855 yang lain adalah chipset jenis ini telah dilengkapi modem yang mendukung jaringan 5G. Beberapa smartphone yang telah mendapatkan layanan tersebut antara lain LG G8 ThinQ, OPPO Reno 10x Zoom, Samsung Galaxy S10, Xiaomi Mi 9, serta Lenovo Z5 Pro GT.

3. Exynos 9820

Samsung rupanya memproduksi chipset sendiri bernama Exynos 9820 yang sudah ditanamkan pada Samsung Galaxy S10 khusus pasar global. Chipset yang dibangun dengan teknologi fabrikasi 8nm ini pun dilengkapi tiga kluster prosesor, antara lain Cortex A55, Cortex A75, serta Exynos M4.

Sementara pengolah grafis yang digunakan untuk Exynos 9820 adalah Mali-G76 MP12 yang dari segi kemampuannya kencang dan cocok untuk flagship Samsung. Kemungkinan besar Samsung akan terus memberikan chipset Exynos untuk seri ponsel lainnya.

4. Kirin 980

Huawei dan Honor adalah salah dua ‘pelanggan’ Kirin 980. Mengapa kedua merek ponsel Tiongkok tersebut mempercayakan Kirin sebagai chipset ponselnya? Kirin 980 yang dibuat dengan fabrikasi 7nm telah dilengkapi DynamIQ, teknologi yang memungkinkan dua kluster prosesor bekerja bersamaan.

Kirin 980 pun diklaim mempunyai performa keseluruhan sebesar 20% dengan efisiensi daya 40% jika dibandingkan dengan chipset berfabrikasi 10nm. Fitur lain yang ada dalam chipset ini juga membuatnya mampu mengoptimalisasi AI dengan GPU Turbo yang berfungsi untuk menunjang kinerja pengolahan grafis.

5. Snapdragon 845

Salah satu chipset Qualcomm series lain adalah Snapdragon 845 yang dibangun menggunakan fabrikasi FinFET 10nm. Ada pula pengolah grafis Adreno 630 dan prosesor Kryo 385 yang telah mendukung kamera hingga 32 MP saat dibenamkan pada ponsel pintar.

ASUS Zenfone 5z, Sony Xperia Z3, OnePlus 6T, Xiaomi Mi 8, dan LG V40 adalah beberapa ponsel yang sudah merasakan kecanggihan Snapdragon 845. Tidak heran jika produk keluaran Qualcomm diandalkan para vendor smartphone untuk mendongkrak performa ponsel produksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *