Hati hati ketika berbuka dengan yang manis

Ungkapan berbukalah dengan yang manis, amat sering kita dengar, begitu tenarnya ungkapan tersebut, sampai beberapa dari kita berfikir bahwa berbuka dengan yang manis merupakan anjuran dari Nabi Muhammad SAW. tapi apakah berbuka dengan yang manis benar adanya merupakan anjuran yang kita jalankan. Hati hati ketika berbuka dengan yang manis

Faktanya tak ada satu hadist pun yang menyatakan berbuka dengan yang manis, Sebenarnya yang disebutkan secara ekplsisit di dalam  hadits adalah berbuka dengan ruthab, yaitu kurma segar yang baru dipetik, ungkapan berbuka dengan yang manis ternyata hanyalah slogan iklan belaka, karena itu produk produk pemanis makin marak pada bulan puasa.

Hati hati ketika berbuka dengan yang manis, Produk produk pemanis buatan seperti sirup, minuman ringan, atau jajana jajanan lain yang memiliki pemanis bukan bahan alami justru laris manis sebagai hidangan buka puasa. bukan menjadi sehat pilihan pemanis buatan akan berakibat buruk bagi kesehatan. seperti :

  1. Lemak perut yang tertimbun jumlah lemak di perut pun ikut meningkat di mana pemicu utamanya adalah aktivitas sebuah gen yang ada kaitannya dengan sel lemak baru yang diproduksi akibat konsumsi sukralosa.
  2. Pemanis buatan memang diketahui tanpa kalori atau kalaupun ada jumlah kadarnya sangatlah rendah. Gula olahan sendiri pun mampu membuat kadar gula darah naik dan turun secara cepat yang memengaruhi rasa lapar kerap atau mudah datang, sehingga selera makan kita akan semakin bertambah.
  3. Pemanis buatan yang dikonsumsi secara terus-menerus dalam waktu yang lama mampu meningkatkan potensi tubuh lebih sensitif terhadap gula. sehingga makanan akan terasa kurang manis walau kita sudah banyak memberi gula.
  4. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bahaya dari pemanis buatan yang dikonsumsi rutin dan sering adalah penumpukan lemak dan peningkatan lingkar pinggang. Bila hal tersebut tak kemudian diatasi dengan membatasi konsumsi pemanis buatan, maka itu artinya pengonsumsi membiarkan tubuhnya mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *