Desa Mandiri Energi dikembangkan dipulau Sebesi Lampung

Pulau Sebesi (Sebesi Island) dengan titik koordinat 5°59′0″LS,105°29′50″BT adalah sebuah pulau yang secara administratif berada di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Berbentuk seperti gunung berapi dengan ketinggian 844m, secara geografis pulau ini terletak di selat Sunda atau wilayah selatan perairan Lampung. Lebih tepatnya pulau Sebesi berada di sebelah selatan dari Pulau Sebuku, sebelah timur Pulau Serdang dan Pulau Legundi, serta sebelah Timur Laut Gugusan Krakatau. Desa Mandiri Energi

Melihat kondisi pulau yang cukup jauh dari akses infrastruktur serta sarana yang di sediakan oleh pemerintah dalam hal ini listrik,  maka kebutuhan listrik untuk menopang kehidupan di pulau sebesi dirasa masih sangat kurang, oleh karena itu beberapa tim akademisi Universitas Bandar Lampung yang di gawangi oleh Sdr. Taqwan Thamrin ST., MSc. menggagas pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi matahari, dengan perangkat yang di sebut Solar Cells. Rumah Listrik berbasis solar cell tersebut dikembangkan dan diterapkan di pulau sebesi desa tejang kecamatan rajabasa lampung selatan, sumber energi terbarukan ini telah dibangun dikantor desa tejang.

Kegiatan ini dalam rangka salah satu tri dharma yang ada di perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, yang menjadi pokok dan fungsi dari pendidikan tinggi selain pengajaran dan penelitian, Pengabdian kepada masyarakat ini didanai oleh kemenristek dikti dengan judul “Rumah Listrik Berbasis Solar Cell Menuju Desa Mandiri Energi, dengan skema program pengembangan desa mitra (PPDM). Skema pendanaan KEMENRISTEK DIKTI dalam program PPDM (Program Pengembangan Desa Mitra) di dapatkan oleh dosen Universitas Bandar Lampung pada program studi Sistem Informasi melalui tahap seleksi yang cukup berat.

Saat ini listrik yang dihasilkan dari energi sinar matahari sudah bisa dinikmati masyarakat pulau sebesi, khususnya untuk menunjang pelayanan operasional kantor desa pada siang hari Sebelumnya Operasional kantor desa hanya dilayani diwaktu PLTD pulau sebesi beroperasi yaitu dimulai pukul 18.00 sampai dengan 23.30 setiap harinya.

 

Dampak dan manfaat dari adanya pengabdian ini adanya sumber energi berbasis solar cell operasional pelayanan publik desa tejang kecamatan rajabasa pulau sebesi dapat dilakukan pada siang hari, yang sebelumnya beroperasi sesuai dengan jam operasional PLTD pulau sebesi yaitu malam hari. penduduk di Pulau Sebesi pun berharap agar Desa Mandiri ini dapat berlangsung lama dan semakin meluas, sebagai upaya peningkatan kualitas sarana dan prasarana pada pulau tersebut.

Desa Mandiri Energi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *