Sun. Dec 15th, 2019

liputanows.com

Berita Baik Untuk Pembaca yang Baik

7 Teknologi Terbaru Smartphone Yang Wajib Kamu Tahu!

4 min read

Liputan Nows – Perangkat smartphone merupakan salah satu teknologi yang paling cepat perkembangannya. Hampri setiap tahun selalu saja ada teknologi terbaru yang disematkan di dalamnya. Ke-7 teknologi berikut merupakan fitur-fitur terbaru smartphone yang diperkirakan akan semakin digandrungi di masa depan.

1.Eye Tracking

Salah satu teknologi terbaru yang disematkan ke dalam smartphone adalah eye tracking. Teknologi eye tracking merupakan teknologi yang memungkinkan smartphone mampu mendeteksi gerakan mata pemegang smartphone. Jadi, smartphone bisa mendeteksi apakah Anda sedang melihat smartphone atau tidak. Awalnya teknologi ini baru ditujukan untuk menghemat daya baterai smartphone. Namun, bukan tak mungkin kelak teknologi ini bisa menjadi bagian dari fitur keamanan smartphone seperti menghalangi smartphone diakses oleh orang yang tak berkepentingan.

2. Internet 5G

Teknologi yang satu ini memang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di dunia smartphone. Para produsen smartphone berlomba-lomba menciptakan ponsel terbaru yang mampu terhubung dengan koneksi internet 5G. Manufaktur smartphone dan chip merencanakan tahun 2019 sebagai waktu yang tepat untuk meluncurkan smartphone yang sudah terintegrasi dengan koneksi 5G. Fitur ini nantinya menjadi update dari jaringan 4G yang memungkinkan pengguna smartphone menjelajahi dunia maya dengan kecepatan kurang dari 1 milidetik saja.

Bahkan jaringan internet 5G memungkinkan Anda bisa mengunduh film ke smartphone hanya dalam waktu beberapa detik saja dengan kecepatan koneksi hingga 10 Gbps. Smartphone yang nantinya terhubung dengan koneksi 5G juga akan dilengkapi dengan chip 5G sehingga berdampak pada harganya yang cukup mahal. Meski demikian, koneksi internet dengan kecepatan 5G rencananya baru bisa dinikmati pengguna smartphone di seluruh dunia tahun 2020 mendatang.

3. Kamera dengan 3 Sensor

Smartphone dengan fitur kamera yang canggih kini tengah menjadi tren. Tak sedikit para produsen yang sengaja meluncurkan produk smartphone berfokus pada kemampuan fotografi yang mumpuni. Produk smartphone terbaru bahkan menggabungkan dua sensor dan dua lensa kamera di belakang smartphone (dual camera) guna mendapatkan kemampuan fotografi yang lebih handal. Biasanya lensa yang dipakai pada teknologi dual camera adalah lensa wide-angle dan lensa jarak jauh. Kombinasi kedua lensa tersebut mampu menghasilkan foto bokeh yang cukup bagus.

Nah, kini para pengembang smartphone mulai mengembangkan teknologi kamera dengan tiga sensor (triple-sensor cameras) bahkan ada pula yang mulai mengembangkan empat sensor kamera demi menghasilkan kualitas foto yang lebih baik lagi. Adanya sensor tambahan memungkinkan smartphone mengambil foto dengan baik meski di dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Ada pula teknologi image stabilisation yang disematkan ke dalam kamera guna pengambilan gambar yang lebih stabil.

4. Smartphone Anti Air

Selama ini produsen smartphone lebih berfokus pada bagaimana melindungi smartphone dari air. Kebutuhan akan smartphone yang anti air pun kian meningkat seiring dengan harganya yang melambung. Sebagian besar smartphone kelas premium seperti iPhone X memiliki ketahanan tingkat tertentu terhadap air namun belum sepenuhnya benar-benar tahan air.

Menciptakan smartphone yang benar-benar tahan air seluruhnya kini menjadi fokus para pengembang smartphone. Pengembangan ini nantinya akan mempengaruhi desain smartphone, mulai dari penempatan mikrofon, speaker dan penempatan port lainnya. Tak mudah mengembangkan smartphone yang benar-benar tahan air. Tapi, tampaknya fitur inilah yang paling dibutuhkan oleh konsumen saat ini mengingat banyak sekali kejadian di mana ponsel rusak akibat jatuh ke kolam atau kehujanan.

5. Augmented Reality (AR)

Setelah menciptakan smartphone dengan kombinasi chip grafis berspesifikasi tinggi, kamera beresolusi tinggi dan prosesor cepat, kini, teknologi augmented reality (AR) juga mulai dikembangkan untuk smartphone. Teknologi ini diciptakan dengan mengkombinasikan teknologi deteksi gerak, pengenalan wajah dan proyeksi 3D. Teknologi AR memungkinkan smartphone untuk bisa mengkombinasikan gambar dari komputer dan gambar dunia nyata atau data menjadi satu.

Sebagian besar pengembang video game sudah menggunakan teknologi ini guna menciptakan lingkungan permainan yang terlihat lebih nyata. Dengan adanya teknologi augmented reality diharapkan akan mengubah bagaimana pengguna smartphone berinteraksi satu sama lain. Salah satu contoh penerapan teknologi AR di smartphone terlihat pada fitur animojis milik Apple.

6. Peningkatan Keamanan Smartphone

Hingga saat ini hampir semua data pribadi pengguna smartphone ada di tangan perusahaan pengembang sosial media dan periklanan. Data pribadi tersebut sangatlah penting karena berisi aspek kehidupan pengguna sosial hingga ke tingkat yang detail. Adanya data yang disimpan oleh pengembang sosial media ini turut memperbesar potensi kehilangan data maupun pencurian data demi kepentingan politik atau kepentingan lainnya.

Munculnya beberapa kasus pencurian data akhirnya membuat para pengguna smartphone meningkatkan keamanan data pribadinya dan membatasi akses informasi pribadi oleh publik. Bahkan sudah menjadi hal umum bila pemilik smartphone memasang software tertentu untuk mencegah virus maupun pencurian data oleh advertiser. Hal inilah yang memicu para pengembang smartphone untuk meningkatkan keamanan smartphone dengan menambahkan beberapa fitur verifikasi serta meningkatkan kualitas software keamanan di smartphone mereka.

7. Sensor di Bawah Layar

Smartphone terbaru kini semakin canggih dengan adanya banyak sensor termasuk sensor sidik jari maupun pengenalan wajah yang dipasang di bagian belakang body smartphone. Ada pula pengembang smartphone yang mengubah posisi kamera depan di bagian bawah guna mengoptimalkan desain smartphone meskipun menghasilkan foto dengan sudut pandang yang kurang apik. Demi mengoptimalkan desain smartphone, kini produsen smartphone mulai mengembangkan teknologi sensor sidik jari dan kamera depan yang terintegrasi di layar. Dengan begitu bezel layar smartphone pun bisa lebih tipis dari desain sebelumnya.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *